Entri yang Diunggulkan

Arah Mata Angin

catatan kelas 4 SD ==> catatan bahasa indonesia ==> Arah mata angin

Apakah kamu pernah melihat peta? atlas misalnya atau mungkin peta google "google map"!. Didalam peta-peta itu biasanya terdapat gambar arah mata angin yang berfungsi untuk menunjukan arah pada peta.
Sebenarnya ada 8 arah yang terdapat pada mata angin namun yang umum di sebutkan ada 4 arah yaitu :
- U
huruf U ini adalah singkatan dari kata utara yang menunjukan kearah atas pada peta namun dalam peta bahasa inggris biasanya memakai haruf N singkatan dari North yang artinya utara.
- T
huruf T ini adalah singkatan dari kata Timur yang menunjukan kearah kanan pada peta biasanya dalam peta bahasa inggris memakai huruf E singkatan dari East yang artinya timur
- S
Baik peta bahasa indonesia dan bahasa inggris arah ke bawah menggunakan huruf S yaitu singkatan dari kata Selatan dalam bahasa indonesia dan South dalam bahasa inggris
- B
huruf B  ini adalah singkatan dari kata Barat yang menunjukan ke arah kiri pada peta dalam peta bahasa inggris biasanya menggunakan huruf W singkatan dari West yang artinya barat

Ada banyak cara  mengetahui arah mata angin, berikut adalah contoh-contohnya :
1. menggunakan kompas

Di zaman dahulu kisaran 10 tahun yang lalu sebelum google map terkenal kompas adalah alat yang paling sering digunakan untuk menunjukan arah biasanya alat ini menunjuk pada 2 arah yaitu Utara dan Selatan,
cara menggunakan alat ini cukup mudah, caranya siapkan peta dan kompas cari tempat yang datar letakan petanya di tempat yang datar lalu letakkan kompasnya diatas peta, setelah itu tunggu sampai jarumnya tidak bergerak jika sudak tidak bergerak kalian bisa melihat arah utara atau selatan.
jika kalian ingin mempelajari menggunakan kompas lebih jauh lagi kalin bisa mngunjungi ForumHijauIndonesia atau wikihow

2. Menggunakan Matahari
 Matahari adalah sumber cahaya yang menyinari bumi dari pagi sampai sore hari, matahari terbit dari timur ke barat hal ini lah yang dapat kita manfaatkan untuk mengetahui arah caranya berdirilah dibawah sinar matahari pagi maka bayangan kalian akan mengarah ke barat dan jika kalian berdiri dibawah sinar matahari pada sore hari maka bayangan kalian menuju ke timur.

3. Menggunakan Bintang
Menggunakan bintang untuk mengetahui arah cukup banyak digunakan oleh para nelayan di malam hari dengan cara melihat pola atau gambar yang dibentuk oleh bintang yang biasa disebut rasi bintang, tidak semua rasi bintang menunjukan arah mata angin hanya ada 4 rasi bintang yang menunjukan arah, 4 rasi bintang itu adalah :
  • Rasi bintang pari 


rasi bintang pari atau crux memiliki bentuk sepeti pari , layang-layang, atau seperti salib. Kita dapat melihat rasi bintang ini di langit malam dengan arah agak ke selatan. jadi jika kita melihat bintang yang memiliki pola seperti pari atau seperti layang - layang atau seperti gambar di samping artinya kita sedang melihat arah agak ke selatan


  • Rasi bintang Orion
 Rasi bintang Orion ini memiliki bentuk seperti Orion atau pemburu atau waluku. Rasi bintang ini dapat kita lihat di langit sebelah barat. Rasi bintang ini di namai orion karena bentuknya seperti pemburu, Orion sendiri berasal dari nama putra raja neptune, ia adalah seorang pemburu terbaik di dunia. Rasi bintang Orion ini memiliki ciri yang mudah dikenali yaitu adanya 3 buah bintang kembar yang membentuk sabuk orion atau bahasa inggrisnya Orion Belt.
Selain untuk petunjuk arah barat rasi bintang orion atau pemburu atau waluku ini biasa digunakan oleh para petani zaman dahulu untuk memulai menggarap sawah dan berladang.
  • Rasi bintang biduk

Rasi bintang biduk atau great bear atau beruang besar atau ursa major adalah rasi bingtang yang paling populer karena rasi bintang ini setiap tahun selalu terletak di langit sebelah utara atau bisa dibilang menunjukan arah utara. Rasi bintang ini memiliki bentuk seperti gayung. dan terdiri dari 7 buah bintang sehingga rasi bintang ini juga sering disebut sebagai konstelasi bintang tujuh.


  • Rasi bintang scorpio
Rasi bintang scorpio atau kalajengking adalah sebuah rasi bintang yang terdiri dari 17 bintang rasi ini memang agak sulit dikenali karena jumlah bintangnya yang cukup benyak, rasi bintang ini terletak di langit sebelah tenggara atau timur.

selain sebagai petunjuk arah rasi bintang ini juga adalah simbol dari zodiak




 4. Munggunakan batu atau pohon

Ada dua cara untuk mengetahui arah menggunakan pohon atau batu yaitu :
a). mencari pepohonan atau bebatuan yang berlumut
Untuk menggunakan cara ini kita harus tau dulu, apa itu lumut sebenarnya!, Lumut adalah sejenis tumbuhan yang ukurannya sangat kecil dan bergerombol biasanya berwarna hijau muda, tumbuhan ini biasa tumbuh di batang pohon dan di bebatuan yang lembab atau jarang terkena sinar matahari.
Untuk mengetahui arah menggunakan bebatuan atau pepohonan yang berlumut kita harus mencari pohon atau batu besar terlebih dahulu, bila sudah ketemu kita amati pinggir - pinggir pohon atau batu yang berlumut itu, bila kalian menemukan pinggir pohon atau batu yang tidak berlumut, itu artinya bagian pohon/batu yang tidak berlumut itu menunjukan ke arah barat.
b) mencari pohon atau batu yang besar
ini adalah cara yang kedua bila kalian sudah mencari pohon/batu besar akan tetapi kalian tidak menemukan lumut, kalian masih bisa mengetahui arah mata angin dengan cara memegang sisi-sisi pohon atau batu besar itu, bila kalian merasakan sisi batang pohon atau batu besar itu hangat, itu artinya sisi pohon atau batu yang kalian sentuh menunjukan ke arah barat.


Komentar